Tips Membeli Karbu Keihin PE28 (Orisinil, KW1, KW2, atau KW3)

keihin

Di pasaran banyak sekali beredar karbu Kehin PE28. Mulai dari KW3 sampe yang tipe racing buatan Jepang. Banyak orang yang bingung bagaimana membedakannya, yang terkadang justru berujung salah beli. Ada baiknya ikuti tips berikut ini.

Sekilas tentang karbu KEIHIN PE28. Dipasaran banyak sekali beredar karbu ini mulai dari KW3 ampe yang tipe racing buatan Jepang. Banyak orang yg bingung ngebedainnya, yang terkadang berujung salah beli.

Karbu ini populer sekali dikalangan penyuka oprek motor. Salah satu sebabnya adalah kepresisian karbu ini dalam mengatur campuran bensin dan udara. PE28 adalah karbu bawaan Honda NSR SP.

Karena begitu populernya, maka banyak pula beredar yang palsunya. Bahkan sampai beberapa grade tingkatannya. Beberapa keluhan pemakai PE palsu antara lain: Mesin nggak bisa langsam, susah nyeting-nya, mbrebet di kisaran rpm tertentu, dan sebagainya.

Karena itu harus teliti sebelum membelinya. Berikut tipsnya:

1. PE28 KW3 ato biasa disebut PE China, bodinya berwarna terang, jarum skepnya punya ulir buat disetel, finishing bodi kasar. Karbu KW3 ni kebanyakan beredar di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Susah disetting. Harnyanya sekitar 300 – 350rbu.

2. PE28 KW2. Bodinya lebih gelap bila dibanding yg KW3, finishing juga masih rada kasar, jarum nggak bisa disetel. Hargnya sekitar 400rbuan.

3. PE28 Racing. Kadang mekanik menyebutnya sebagai PE Jepang. Harga paling mahal sekitar Rp 1,9 juta. Finising jelas rapih, jarum skep ada ulir setelan, choke nempel di karbu langsung (kaya karbu RX King), trus di bagian bawah mangkuk karbu ada semacam tutup baut cukup gede. Gunanya saat seting motor perlu gonta-ganti ukuran PJ/MJ, dan nggak perlu buka mangkuk karbu, cukup lepas tutup baut tersebut. PJ/MJ bisa dibongkar pasang lewat lubang tersebut. Harganya cukup mahal (cukup bervariasi, tergantung siapa pedagang/pemainnya)

4. Selain diatas ada juga ”PE-PE-an” kaya PE28 TDR, PE Daytona, mungkin bisa digolongkan sbg KW1 atau KW1,5 (mungkin). Harganya juga sekitar harga KW1.

5. Biasanya PE28 KW1 paling banyak dijajakan dan dipakai maniak korek. Warna gelap, jarum tidak ada ulir setelannya, finishing rapi, dijual tanpa kemasan. Harga direntang 500 hingga 600 rbuan.

6. PE28 Ori Honda Thailand. Finishing rapih, warna gelap, skep warna krom tapi dalemnya kuning emas dan berat. Jarum tidak ada ulir setelan, dijual dengan kemasan dus honda lengkap dengan kode part. Beberapa mekanik bilang bahwa karbu ori ini sebenarnya sama aja dengan yg KW. Cuma beda dikemasan. Tapi beberapa mengatakan beda. Namun kalau yang orisinil biasanya melalui proses quality control Honda, jadi lebih terjamin. Harga yg ori ini direntang 850 – 900rbu.

Yang orisinil Honda Thailand. Berdasarkan pengalaman beberapa biker, setingnya mudah, asal setingannya pas motor nggak akan mrebet di semua rpm. Gejala motor nggak bisa langsam yang sering dan biasanya dialami pada Kw1 juga tidak terjadi.

Tambahan dari bro Yudi Noban, bagi pemakai PE 28mm di Ninja yang belum menemukan settingan idelanya, sebaiknya tidak usah mengganti jarum sama nosel, terutama kalau PE-nya Thailand. Pake saja ukran PJ 48 & MJ 138. Ukuran PJ dan MJ tersebut sudah dipraktekan bro Yudi pada Ninja RR-nya. Komposisi tersebut membuat Ninjanya tidak bermasalah lagi dengan settingan.

Namun perlu diingat, jangan samakan ukuran PJ & MJ PE20 Thailand dengan — misalnya Keihin PWK. Sebab settingannya akan berbeda lagi. (sumber: http://bintorowisnu.wordpress.com)

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

Powered by WordPress | Compare Cell Phone Family Plans at BestInCellPhones.com. | Thanks to Sprint Phones, Facebook Games and The Diet Solution
Tertarik ikutan kumpul dengan Nobaners? Monggo sowan ke Tugu Proklamasi Menteng, setiap Sabtu, di Minggu pertama dan ketiga setiap bulan pukul 19.00 s/d selesai. Atau hubungi sdr Taufik 021-94929279. Tiada Tempat untuk Penghianat dan Opurtunis!. Ride Safe, Ride Smart!